6 Manfaat Beras Merah untuk Diet dan Kesehatan

6 Manfaat Beras Merah untuk Diet dan Kesehatan | Sebagian orang mungkin belum mengetahui manfaat dari beras merah untuk diet, yang ternyata juga sangat bagusuntuk kesehatan. Meskipun belum banyak diketahui, namun sejumlah orang sudah ada yang menjadikan beras merah sebagai makanan pokoknya sehari-hari. Hal ini karena, beras merah sudah terbukti mempunyai berbagai macam kandungan yang sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan tubuh.
Selain dapat memelihara sistem pencernaan tubuh, beras merah juga merupakan makananyang kaya akan antioksidan, dapat menurunkan kolesterol  dan juga sebagai makanan anti kanker. Nah, pada kesempatan ini admin akan  membahas beberapa manfaat beras merah untuk diet sehat,dan untuk kesehatan tubuh secara umum.
 Manfaat Beras Merah untuk Diet dan Kesehatan
 Seperti yang telah disinggung di atas, sangat banyak khasiat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi beras merah. Tidak hanya sebagai pilihan utama untuk menurunkan berat badan, beras merah juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat didalam darah, dan masih banyak lagi manfaat lainnyadari beras merah ini bila dibandingkan dengan beras putih. Untuk itu, yuk, kita simak beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi beras merah untuk kesehatan tubuh.
6 Manfaat Beras Merah untuk Diet dan Kesehatan
1. Menurunkan Kolesterol
Selain dapat digunakan untuk diet sehat menurunkan berat badan, beras merah juga memiliki khasiat penting untuk kesehatan,yaitubisa menurunkan kolesterol didalam darah. Sebuah penelitian yang ditulisdi American Journal of Clinical Nutrition menjelaskanbila kandungan minyak pada beras merah mempunyai peranan penting untuk menurunkan kadar kolesterol terutama menurunkan kolesterol jahat (LDL).
Manfaatnya dalam menurunkan kolestrol ini dikarenakan didalam beras merah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan serat dibutuhkan asam empedu untuk proses pencernaannya, dalam hal inilah kolesterol menjadi salah satu komponen pembentuk asam empedu tersebut. Dengan demikian penurunan kolesterol LDL didalam darah terjadi karena pemakaian kolesterol sebagai bahan pembentukan dari asam empedu.

2. Kandungan Karbohidrat yang Kompleks
Mengkonsumsi beras merah untuk diet sangat baik karenadidalamnya terkandung karbohidrat yang kompleks. Ya, beras merah adalah salah satu sumber karbohidrat sama sepertibeberapa jenis beras pada umumnya yaitu beras putih yang biasa kita konsumsi. Perbedaannya terletak pada jenis karbohidrat yang ada didalamnya. Beras merah, oatmeal , maupun gandum sama-sama mempunyai kandungan karbohidrat kompleks yang sangat diperlukanoleh setiap orang untukmelakukan program dietsecara sehat.
Sedikit ulasan tentang jenis karbohidrat, sumber karbohidrat yangsehari-hari  kita konsumsi terbagi menjadi 2 jenis yaitu, karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana setelah masuk kedalam tubuh akan sangat cepat diserap oleh sistem pencernaan, sehingga bisa meningkatkan kadar gula dalam darah secara cepat,tetapi karena tak bertahan lama maka anda akan mudah merasa lapar kembali. Contoh karbohidrat sederhana yaitu makanan yang didalamnya terkandung pemanis seperti gula merah , gula pasir,bermacam jenis sirup, susu, biscuit, dan cokelat.
Baca juga: 11 Jenis sayuran dan buah untuk diet sehat alami
Beda dengan karbohidrat sederhana, jenis karbohidrat kompleks akan lebih lama dalam system pencernaan. Karena prosesnyayang lama di system pencernaan akan memicupeningkatan kadar gula didalam darah secara bertahap dan bertahan cukup lama sehingga anda tidak akan mudah merasakan lapar. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa beras merah sangat baik digunakan untuk menjalankan program diet sehat.
Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara memasak beras merah untuk keperluan diet? Sangat gampang! Anda bisa memasak beras merah dengan cara tradisional dikukus ataupun memakai alat pemasak nasi otomatis magicom, dan sebagainya, namun secara teknis prosesnya sama seperti saat anda memasak beras putih setiap hari. Anda dapat mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah ini setiap hari, supaya bisamendapatkanberbagai keuntungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
3. Kandungan Serat
Beras merah didalamnya kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk diet sehat. Kandungan serat didalam beras merah dapat mencapai 3.5 gram hanya dalam satugelas saja. Karena tinggi akan kandungan serat inilah yang membuat banyak program diet sekarang ini merekomendasikanmenu beras merah daripada beras putih biasa.
Tingginya serat pada suatu makanan pastinya sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat bisa melancarkan proses penyerapan makanan di dalam usus,sehingga dapat melancarkan Buang Air Besar (BAB) setiap hari. Dapat dibayangkan, disamping bisa menjadikan nafsu makan menurun karena karbohidrat kompleks-nya, beras merah juga dapat membuat anda lancar buang air besar  karena didalamnya juga terkandung serat yang tinggi. Sangat bagus bukan bila anda menjadikan beras merah sebagaisalah satu menu program diet.
 4. Anti Inflamasi
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa didalam beras merah juga terkandung fenolat yang banyaknya setara dengan sayuran dan buah-buahan. Senyawa fenolat inilah yang mempunyai sifat anti inflamasi dan cenderung bertindak sebagai antioksidan.
5. Mengurangi Risiko Terkena Kanker
Perlu diketahui bilaanda mengonsumsi beras merah sebagai menu makanan pokok setiap harinya, maka bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Ternyata selain bermanfaat untuk diet sehat beras merah juga mampu mengurangi resiko terkena kanker. Kandungan utama yang memiliki peran penting dalam menurunkan resiko kanker yaitu manganese, yang dipercaya kuat dapat melawan radikal bebas yang berperan penting sebagai pemicu kanker.
Manfaat Beras Merah untuk Diet dan Kesehatan

Ada beberapa penilitian lain yang mengungkapkanbila beras merah dan juga produk-produknya mempunyai kandungan senyawa phenolic yang lebih besardaripada beras putih. Senyawa phenolic ini sendiri mempunyai efek penekanan progresifitas suatu proses keganasan. Beras merah ini diduga kuat mempunyai peran pentinguntuk menurunkan angka rieiko kanker usus besar (kolon), kanker payudara dan juga kanker prostat.
Selain itu, pada sebuah artikel yang dipublikasikandi International Journal of Cancer menjelaskan bahwa mereka sudah melakukan pengamatan terhadap pola hidup, program diet dan juga sampel darah lebih dari 500.000 respondendiberbagai negara di Eropa ditemukanpeningkatan kadar selenium didalam darah berhubungan erat dengan resiko kanker yang rendah. Nah, ternyata didalam beras merah juga terkandung zat selenium yang tinggi dibandingkan dengan beras putih. Dengan mengonsumsi secangkir beras merah andasudahmencukupi 35% kebutuhan pasokan selenium yang direkomendasikan per harinya.
6. Baik Untuk Penderita Diabetes
Sama seperti yang sudah dijelaskan diatas, jenis kandungan karbohidrat yang ada didalam beras merahadalah jenis karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks ini mampu menjaga terjadinya peningkatan gula darah didalam tubuh.Inilah yang menjadi alasan kuatbagi parapengidap diabetes untuk mengonsumsi beras merah.
Setelah penjelasan singkat mengenai manfaat beras merah untuk diet dan kesehatan diatas, diharapkan anda tidak ragu lagi memilih jenis beras merah sebagai salah satu menu diet  sehat. Karena disamping anda akan memperoleh berat badan yang ideal, juga akan menjadikan tubuh senantiasa sehat dan terlindungi dari berbagai macam penyakit. Akhirnya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, selamat mencoba.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel