Mengatasi obesitas dengan diet alami

Mengatasi obesitas dengan diet alami. Untuk mengatasi obesitas, mungkin Anda bisa mempertimbangkan diet alami. Apalagi saat ini ada banyak pilihan diet alami yang akan memberikan manfaat. Namun, sebelum menerapkan diet alami untuk mengatasi obesitas seperti ini, Anda juga harus mengenal jenis obesitas yang dialami. Beberapa ahli kesehatan dan dokter mengungkapkan bahwa obesitas yang saat ini sering terjadi akibat faktor keturunan atau gen dan gaya hidup yang kurang sehat. Kedua jenis obesitas ini sebenarnya bisa diantisipasi dengan menerapkan pola makanan sehat dan cukup teratur. Selain itu, jenis nutrisi yang diberikan untuk seluruh tubuh juga harus sangat baik.

Mengatasi obesitas dengan diet

Diet alami untuk mengatasi obesitas akan melibatkan beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, Anda juga harus memperhitungkan nutrisi yang akan dikonsumsi setiap hari. Anda bisa mendapatkan saran melalui ahli gizi untuk penerapan diet alami seperti ini. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap sehat dan menghindari berbagai penyakit yang bisa menyerang saat penerapan diet alami ini. Gaya hidup sehat akan menjadi pilihan penting untuk mendukung program diet alami untuk mengatasi obesitas. Beberapa cara diet alami untuk mengatasi obesitas seperti:

Mengkonsumsi nutrisi protein lebih banyak
Obesitas terjadi karena menumpuknya lemak jenuh seluruh bagian tubuh. Lemak ini bisa berasal dari jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Untuk memulai diet alami untuk penderita obesitas mungkin bisa dilakukan dengan mengurangi jenis makanan berkabohidrat tinggi. Anda bisa memulai dengan mengkonsumsi lebih banyak protein yang berasal dari ikan, olahan susu, daging dan telur. Namun, pola dan perhitungan nutrisi protein seperti ini juga harus dibatasi sesuai dengan kondisi obesitas yang diderita.

Tentu saja Anda juga akan membutuhkan nutrisi lain untuk mendukung kondisi tubuh. Penerapan pola diet seperti ini juga tidak menghilangkan jenis makanan lain yang akan dikonsumsi. Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat dengan perhitungan terbatas. Namun, beberapa dokter menyarankan sumber karbohidrat yang diterapkan untuk pola diet ini sebaiknya berasal dari jagung, kentang dan sayuran lainnya. Hindari konsumsi nasi berlebihan.


Pola diet alami akan berfokus pada kualitas nutrisi
Karbohidrat, protein, lemak dan vitamin akan memberikan pengaruh pada pola diet yang Anda terapkan. Sebaiknya Anda juga harus memperhitungkan porsi dari masing-masing elemen nutrisi ini. Perhitungan yang diterapkan pada pola diet seperti ini tentu tidak hanya berdasarkan angka. Namun, hal itu lebih pada kontribusi nutrisi untuk kondisi tubuh Anda. Biasanya, jumlah protein dan vitamin akan lebih tinggi dibandingkan dengan konsumsi lemak atau karbohidrat. Baca juga jenis nutrisi untuk tubuh

Cara Mengatasi obesitas dengan diet  alami

Hal ini bisa Anda mulai dengan mengganti nasi menjadi kentang atau jagung menjadi sumber karbohidrat utama. Selain itu, sayuran dan buahan juga akan memberikan tambahan karbohidrat sekaligus vitamin. Protein yang dikonsumsi untuk pola diet bagi penderita diabetes juga akan disesuaikan dengan kondisi tubuh. Jenis makanan yang mangandung protein tinggi bisa berasal dari ikan, olahan susu, dan telur. Anda bisa menerapkan pola yang berbeda setiap hari. Namun, porsi yang diberikan melalui jenis makanan ini sebaiknya tidak berlebihan. Misalnya dengan menerapkan kombinasi nutrisi yang melibatkan ikan (protein), kentang (karbohidrat), sayuran dan buahan (vitamin).

Konsumsi makanan secara cukup untuk tubuh
Hindari mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Apalagi hal ini akan memperburuk kondisi Anda. Makanan yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan mengganggu proses pencernaan. Apalagi akan terjadi penumpukan makanan pada seluruh bagian tubuh. Faktor utama terjadinya obesitas memang berasal dari konsumsi makanan yang sangat berlebihan. Sebaiknya Anda harus mulai mengendalikan konsumsi makanan dan jenis nutrisi yang diberikan pada tubuh. Hal ini juga akan mendukung program diet yang Anda terapkan.

Cara mudah untuk penerapan diet alami untuk mengatasi obesitas bisa dilakukan dengan menerapkan waktu makan secara teratur. Beberapa dokter dan ahli gizi mengungkapkan bahwa sarapan juga akan menjadi bagian penting dari pola diet yang Anda lakukan. Sarapan akan membantu Anda untuk mengurangi porsi makanan di siang hari. Sehingga pada siang hari, Anda bisa menerapkan jenis nutrisi diet pendukung. Anda bisa mengkonsumsi sayuran lebih banyak pada siang hari dan protein yang berasal dari olahan susu.

Mulai konsumsi makanan Indeks Glisemik (IG) rendah
Makanan dengan Indeks Glisemik atau IG rendah akan membantu Anda untuk mengurangi berat badan akibat obesitas. Apalagi sebagian orang menganggap bahwa rasa kenyang akan berdampak pada jumlah konsumsi makanan. Mungkin Anda bisa lebih mengutamakan konsumsi beberapa jenis makanan ini untuk mendapatkan rasa kenyang. Selain itu, nutrisi pada jenis makanan seperti ini juga dibutuhkan pada metabolisme tubuh.

Beberapa jenis makanan yang memiliki Indeks Glisemik rendah biasanya terdiri dari kacang-kacangan dan sayuran. Kombinasi dari jenis makanan ini akan memberikan nutrisi yang sangat baik. Selain itu, penerapan pola makanan ini akan mendukung diet alami Anda. Namun, pola konsumsi yang diberikan tentu akan disesuaikan dengan kondisi tubuh. Beberapa ahli gizi menilai bahwa penerapan konsumsi makanan dengan Indeks Glisemik rendah bisa diterapkan selama 2-3 minggu.

Perhitungan nutrisi diet bagi penderita obesitas
Nutrisi terbaik yang dibutuhkan bagi obesitas tentu memiliki perhitungan yang lebih berbeda. Protein menjadi dasar penting bagi sebagian jenis makanan. Apalagi saat ini Anda juga bisa mendapatkan sumber protein terbaik yang disesuaikan dengan kondisi tubuh. Ikan menjadi sumber protein utama untuk mendukung program diet bagi penderita obesitas. Anda bisa mengkonsumsi ikan selama 2-3 kali seminggu. Ikan dianggap sumber protein yang mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi mengurangi resiko penyakit jantung.

Anda juga harus membatasi beberapa jenis makanan yang akan memberi pengaruh buruk bagi program diet untuk mengurangi lemak berlebih. Pemanis tambahan berupa glukosa, fruktosa, maltosa dan lainnya adalah jenis makanan yang akan memperburuk kondisi tubuh Anda. Bahkan, jenis makanan ini akan semakin meningkatkan berat badan Anda. Anda juga bisa mengurangi asupan garam sekitar 6 gram setiap harinya. Garam berlebih bisa meningkatkan tekanan darah tinggi.

Menekan Nafsu Makan
Nafsu makan juga bisa menjadi salah satu penentu berat badan tubuh bisa bertambah atau bisa juga berkurang. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengontrol nafsu makan yang berlebih agar berat badan kamu tidak meningkat secara drastis. Berikut ini informasinya yang bisa kamu coba.

Mengatasi obesitas dengan diet  alami
Tips pertama yang bisa kamu coba adalah mengusahakan agar selalu dan menyempatkan diri untuk melakukan sarapan pagi. Mengapa? Karena melakukan sarapan pagi ini tentunya akan membuat tubuh kamu merasa lebih kenyang dan tidak merasa kelaparan ketika waktu bekerja sampai saatnya makan siang tiba. Hal ini berguna untuk menghindarkan kamu dari ngemil atau makan secara berlebihan ketika sedang berkerja. Selain itu, sarapan juga dapat membantu tubuh kamu untuk tidak makan banyak ketika jam makan siang tiba. Pilihlah menu sarapan pagi yang memiliki asupan gizi yang cukup, agar tubuh bisa merasa kenyang lebih lama dan berat tubuh bisa lebih terjaga.

Untuk tips selanjutnya adalah kamu dapat memasukan beberapa daftar menu yang mampu menekan nafsu makan untuk konsumsi harianmu. Berbagai makanan seperti halnya buah apel dan teh hijau bisa menjadi makanan yang baik untuk membantu menekan nafsu makan harianmu. Nafsu makan yang tidak terkontrol terkadang juga awalnya dapat disebabkan dari kebiasaan makan. Kebiasaan ngemil atau makan untuk menghilangkan kebosanan bisa saja menjadi awal mula dari penyebab tubuh memiliki nafsu makan yang besar. Jadi sebaiknya kamu harus sebisa mungkin untuk melakukan kegiatan apa saja yang dapat mengalihkan perhatian tubuh kamu untuk makan ketika sedang bosan.

Selain beberapa hal diatas, ternyata jam tidur juga bisa menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap nafsu makan seseorang. Jadi usahakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup setidaknya 7 jam per harinya. Apabila tubuh kekurangan jam tidur, maka akan merubah kualitas hidup kamu. Terutama untuk jam makan, biasanya orang yang suka bergadang akan banyak memakan camilan atau kudapan. Hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain berat badan tubuh yang akan meningkat secara drastis, hal ini juga akan merusak metabolisme tubuh yang akan berbahaya bagi kesehatan. 

Makanlah berbagai jenis makanan yang berserat untuk membuat perut kamu menjadi tetap kenyang atau kenyang lebih lama. Makanan berserat ini tentunya akan sangat membantu untuk menekan nafsu makan dan membuat tubuh kamu tidak mudah mengalami rasa lapar.


Untuk tips selanjutnya adalah kamu bisa lebih banyak mengkonsumsi air putih setiap harinya. Air putih ini akan dapat membuat perut kamu terisi dan membuat tubuh tidak mudah lapar. Hal ini karena asupan cairan dalam tubuh terjaga, air juga tidak mengandung kalori yang tentunya akan membuat tubuh tidak akan mudah gemuk. Jadi usahakan untuk meminum satu gelas air kurang lebih 45 menit sebelum jam makan siang.
Nah itulah beberapa tips dan trik mudah yang bisa kamu coba sendiri tentang Bagaimana Cara untuk Mengatasi obesitas dengan diet alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel