Apakah berkeringat banyak saat olahraga dapat menurunkan berat badan?


Berkeringat saat berolahraga membuat Anda merasa telah menghabiskan banyak kalori dan kehilangan energi, tetapi berat badan Anda tetap sama! Lalu Apakah berkeringat banyak saat olahraga dapat menurunkan berat badan?

Berkeringat hanyalah cara bagi tubuh Anda untuk mengatur panas melalui pelepasan air dan garam. Keringat akan menguap dan membuat Anda merasa lebih sejuk.

Apakah berkeringat banyak saat olahraga dapat menurunkan berat badan?


Para ahli mengatakan berkeringat hanya dapat membantu kita untuk mengkonsumsi sangat sedikit kalori. Namun, keringat akan membantu kita mengurangi berat air di dalam tubuh. Tapi itu hanya penurunan berat badan sementara karena ketika tubuh Anda dilengkapi dengan air melalui makan, berat badan Anda akan langsung kembali normal.

Konsumsi kalori saat Anda berkeringat
Ada banyak yang berpikir bahwa kegiatan berkeringat, seperti yoga panas, dapat membantu tubuh Anda mengonsumsi 1.000 kalori hanya dalam satu jam. Namun, ini adalah kesalahan serius. Satu studi menemukan bahwa selama sesi yoga panas 90 menit, rata-rata wanita mengonsumsi 330 kalori, dibandingkan dengan 460 kalori pada pria. Sama dengan jumlah kalori yang Anda konsumsi untuk dapat berjalan pada kecepatan 5,6km / jam dalam waktu yang sama.

Para ahli kebugaran telah menunjukkan bahwa Anda masih bisa membakar kalori melalui kegiatan rutin, sedikit atau tanpa keringat. Misalnya, Anda akan membakar kalori dengan berenang, mengangkat beban atau berolahraga di udara dingin. Namun, berkeringat masih merupakan alat yang baik untuk mengenali intensitas aktivitas Anda. Ini berarti bahwa melalui jumlah keringat yang Anda hasilkan, Anda dapat mengetahui seberapa banyak yang Anda lakukan dalam jenis latihan tertentu.
The profesor di College of Sports Medicine USA mendorong Anda untuk berlatih latihan ini membantu berkeringat 5 hari seminggu dan setiap kali setidaknya 30 menit.

Berkeringat tergantung pada banyak faktor
Melalui analisis dan penilaian, para ahli melaporkan bahwa jumlah keringat yang Anda hirup tergantung pada berbagai faktor, termasuk:
  • Umur
  • Berat
  • Faktor genetik
  • Faktor lingkungan
  • Bentuk tubuh

Di antara faktor-faktor ini, berat dan bentuk tubuh akan sangat memengaruhi jumlah keringat yang Anda lepaskan selama berolahraga. Alasannya adalah tubuh Anda akan membutuhkan lebih banyak energi untuk mengoperasikan tubuh dengan bobot yang lebih besar. Ini menghasilkan lebih banyak keringat yang diproduksi oleh kebutuhan untuk mendinginkan tubuh yang lebih besar.

Selain itu, tubuh Anda lebih langsing Anda akan lebih cenderung berkeringat. Ini karena tubuh Anda sekarang dapat mengatur suhu tubuh jauh lebih baik. Berkeringat lebih awal berarti tubuh Anda akan memanas lebih cepat. Ini memungkinkan Anda untuk bekerja lebih lama dengan intensitas yang jauh lebih tinggi.

Manfaat berkeringat saat berolahraga
Salah satu manfaat terbesar dari berkeringat adalah membantu menurunkan suhu tubuh Anda. Namun, berkeringat memberi Anda beberapa manfaat yang tidak terduga:
  • Anda akan memiliki kulit yang lebih sehat: Latihan yang menegangkan akan membantu proses sirkulasi darah menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, sel-sel kulit Anda akan diberikan oksigen serta nutrisi, yang akan membuat kulit Anda lebih sehat.
  • Alat Ukur Tingkat Latihan: Jika Anda berkeringat saat berolahraga, Anda berlatih dengan intensitas yang konsisten dengan tingkat Anda saat ini. Namun, jika alih-alih berkeringat, Anda merasa pusing, lelah atau sakit, yang berarti Anda sudah terlalu banyak berolahraga.

Efek samping berkeringat mungkin tidak diketahui

Tubuh mengalami dehidrasi
Jika Anda berkeringat, Anda akan mengalami dehidrasi. Lebih khusus lagi, cuaca panas dan lembab akan meningkatkan keringat Anda. Karena itu, ingatlah untuk memberikan tubuh Anda secangkir air setiap kali tubuh Anda melepaskan berat keringat sekitar 450 gram.

Ingatlah untuk menjaga tubuh tetap penuh dan terus menerus, hindari menunggu sampai Anda merasa haus dan tubuh Anda perlahan-lahan mengalami dehidrasi. Sebagai gantinya, Anda harus membawa sebotol air dan minum perlahan selama latihan. Dehidrasi berat bisa berbahaya bagi Anda. Jika Anda mengalami salah satu gejala berikut, Anda harus segera menemui dokter atau perawat:
  • Lelah
  • Detak jantung lemah
  • Detak jantung cepat
  • Kehilangan kesadaran
  • Dilema berlanjut ketika Anda berdiri
  • Tidak buang air kecil selama 8 jam terus menerus

Jika Anda berkeringat secara teratur, Anda dapat mengembangkan kondisi yang disebut berkeringat. Jika keringat mulai mengganggu aktivitas harian Anda, Anda harus mencari perawatan medis dan perawatan tetap waktu.

Selain itu, jika Anda memiliki tanda-tanda berkeringat di malam hari atau tiba-tiba berkeringat terus-menerus, tetapi tidak dapat dijelaskan, Anda harus mencari pemeriksaan kesehatan dan pengobatan tepat waktu.

Berikut beberapa gejala berbahaya yang harus Anda ingat:
  • Nyeri dada
  • Sesak nafas
  • Jantung berdetak cepat
  • Demam lebih dari 40ÂșC

Bagaimana cara membakar kalori dengan aman?
Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah memiliki gaya hidup aktif. Pada saat yang sama, Anda juga harus menerapkan pola makan sehat dengan makanan utuh dan olahraga teratur.

Berkeringat dapat membantu Anda menurunkan berat badan beberapa kali. Namun, kalori tidak berubah secara signifikan dan berat badan Anda mungkin masih sama. Oleh karena itu, metode yang menyebabkan Anda berkeringat banyak ketika berolahraga bukanlah cara yang baik untuk menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan maka Anda perlu bersabar untuk melakukan diet yang tepat dan berolahraga secara teratur. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda dan binaragawan untuk mengatur rencana penurunan berat badan yang sehat dan efektif untuk diri Anda sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel