Gejala atau Tanda Awal Kehamilan dan Cara Merawat Kehamilan


Kehamilan adalah hal yang paling ditunggu tunggu bagi para pasangan yang baru menikah. kehamilan prtama bisa menjadi hal yang menakutkan bagi beberapa wanita karena belum adanya pengalaman dalam hal kehamilan.

Untuk mengatasi rasa khawatir dan cemas karena memasuki masa awal hamil ada baiknya anda mengetahui beberapa gejala atau tanda tanda awal memasuki masa kehamilan. Sehingga pertanyaan pertanyaan seperti bagaimana sih orang hamil itu? apa saja ciri ciri datangnya kehamilan itu?

Ciri, Gejala atau Tanda Awal Kehamilan
Sindrom sebelum haid atau biasa disebut dengan PMS dan tanda awal hamil muda memang sangatlah mirip. Misalnya muali dari payudara yang mengencang hingga munculnya kram pada perut bagian bawah. Tentunya hal ini akan membuat anda sangat sulit sekali untuk membedakan ciri atau tanda awal kehamilan dengan tanda akan datang bulan.

Gejala atau Tanda Awal Kehamilan



Namun walaupu begitu, satu hal yang perlu anda ingat bahwa tidak semua wanita memiliki ciri, gejala dan tanda awal kehamilan yang sama. Nah dibawah ini adalah beberapa tanda awal kehamilan secara umum yang terjadi ketika anda memasuki masa awal kehamilan.

·       Perubahan mood
Pada masa awal kehamilan anda akan merasakan perubahan mood yang terjadi secara tiba tiba. Ada saatnya anda merasa sangat bahagia dan kemudian tiba tiba anda merasa sangan marah di karenakan hal hal yang sangat sepele sekali. Hal ini terjadi dikarenakan adanya hormon baru didalam tubuh anda perubahan mood secara tiba tiba karena tubuh anda sedang menyesuaikan diri dengan adanya hormon baru tersebut.

Walaupun hal ini juga sering terjadi pada seorang wanita yang akan mengalami menstruasi. Namun pada masa awal kehamilan, perubahan mood biasanya akan berlangsung cukup lama selama masa kehamilan.

·       Terlambat Haid
Hal yang jelas sekali terjadi pada masa awal kehamilan adalah terlambat datang bulan. Namun tidak semua kasus ini dikaitkan dengan kehamilan, hal ini bisa saja terjadi dikarenakan faktor lain seperti stress.

Gejala atau Tanda Awal Kehamilan 1

Bahkan pada wanita yang memiliki siklus haid tepat waktu sekalipun, periode menstruasi yang terlewat tidak menjamin bahwa anda sedang hamil. Hal ini bisa saja terjadi karena perubahan pola makan, peningkatan aktivitas fisik dan faktor eksternal lainnya yang membuat anda mengalami terlambat dayang bulan.

·       Mudah lelah


Gejala atau Tanda Awal Kehamilan2
Hal ini terjadi karena adanya janin baru didalam tubuh anda bisa juga disebabkan karena menurunnya kadar gula dalam darah sehingga anda akan merasa cepat capek atau lelah. Oleh karena itu, ibu Hamil selalu disarankan untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan tidak diperbolehkan melakukan pekerjaan berat demi kesehatan pertumbuhan janin yang dikandungnya.

·       Payudara Melembut Dan Bengkak
Payudara baisanya akan terasa sakit, keras dan sensitive ketika disentuh selama masa awal kehamilan. Kedua payudara juga akan terasa lebih pada dan lebih berat. Hal ini terjadi karena payudara anda sedang mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI, dan dalam beberapa bulan kedepan payudara anda akan terasa lembut dan sangat sensitive.

Biasanya pembengkakan pada payudara akan terjadi selama 1 hingga 2 minggu setelah terjadi pembuahan. Dan juga nyeri dan sakit ini bisa berlangusng cukup lama karena adanya lonjakan hormon progesterone dalam tubuh untuk mendukung kehamilan. Namun, ada beberapa wanita yang akan tetap merasa nyeri payudara sepanjang masa kehamilan mereka.

·       Pembengkakan Di Beberapa Anggota Badan
Bukan hanya perut anda yang akan membesar pada masa kehamilan, namun ada beberapa bagian tubuh akan mengalami perubahan bentuk seperti membengkak, hal ini biasa terjadi pada area bokong, paha lengan dan dada.

·       Ngidam
Dalam masa ini anda secara tiba-tiba akan merasa ingin ekali mengkonsumsi beberapa makanan tertentu, bahkan dalam beberapa kasus ada wanita yang ingin melakukan hal-hal aneh pada masa ngidam ini. Jangan khawatir hal ini wajar terjadi pada masa awal kehamilan.

Pada masa PMS biasanya seorang wanita akan cenderung makan makanan yang manis dan asin seperti keripik, coklat, es krim, atau gorengan. Anda juga mungkin akan memiliki selera makan yang besar. Hal ini berbeda dengan wanita hamil.

Biasanya wanita yang sedang hamil sangat menginginkan makanan tertentu dan terkadang makanan tersebut langka dan sulit untuk ditemukam. Ketika pada masa ini,  anda mungkin akan benar-benar tidak memiliki minat dan selera pada makanan tertentu. Ngidam dapat berlangsung selama kehamilan terjadi.

·        Pusing
Anda akan sering sekali merasa pusing pada masa awal kehamilan, istirahat akan membantu mengurangi rasa sakit anda.

·        Kram pada perut
Pada masa awal kehamilan anda akan sering mengalami kram pada perut anda, hal ini biasanya terjadi pada awal awal memasuki masa kehamilan. Kram perut pada awal kehamilan terjadi karena terjadinya implementasi embrio. Kram perut yang disebabkan oleh terjadinya implementasi embrio biasanya akan terasa lebih ringan jika dibandingkan ketika PMS.

Selain itu, beberapa wanita juga ada yang mengatakan bahwa pada saat terjadi implementasi embrio rasanya seperti dicubit atau ditarik dan tidak seperti rasa kram perut yang sebenarnya. Kram perut bisa berlangsung selama beberapa jam bahkan beberapa hari. Dan terjadi segera setelah ovulasi.

·         Perut Membesar
Tanda awal kehamilan yang satu ini sudah sangat jelas sekali karena adanya janin yang tumbuh didalam rahim anda.

Gejala dan tanda yang muncul pada masa awal kehamilan adalah hal yang lazim sekali terjadi dan biasanya tidak berdampak sangat fatal terhadap kesehatan anda. Dengan adanya pola hidup yang sehat anda akan dengan mudah melawati masa-masa awal kehamilan anda.

Cara Merawat dan Menjaga Kehamilan
Setelah anda mengetahui beberapa ciri, gejala dan tanda awal kehamilan. Selanjutnya, tindakan yang harus anda lakukan adalah merawat kehamilan anda. Berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa cara merawat kehamilan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran.

Cara Merawat dan Menjaga Kehamilan


·       Pola Makan Sehat dan Gizi Seimbang
Pada saat masa kehamilan, pastikan anda menjaga nutrisi dan gizi yang ada pada makanan yang anda konsumsi. Pastikan makanan mengandung serat, protein, mineral dan vitamin. Apabila anda merasa mual dan muntah ketika masa kehamilan serta tidak nafsu makan, maka pilihlah makanan yang tidak mengandung lemak dalam porsi kecil namun sering.

·        Istirahat Cukup
Usahakan anda mendapatkan istirahat yang cukup dengan kapasitas tidur malam 6-7 jam dan tidur siang atau hanya berbaring selama 1-2 jam.

Cara Merawat dan Menjaga Kehamilan2


·        Jaga Kebersihan
Cara merawat kehamilan yang masih muda yang berikutnya adalah pastikan anda menjaga kebersihan baik kebersihan rambut, gigi, mulut, payudara hingga kebersihan pada daerah kewanitaan dan juga kebersihan pakaiana.

·       Mengikuti Kelas Ibu Hamil
Untuk mempersiapkan kelahiran bayi, anda bisa mengikuti kelas ibu hamil dengan damping suami. Hal ini dilakukan untuk menambah pengetahuan ibu tentang perawatan kehamilan. Dengan mengikuti kelas ibu hami, maka akan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sebelum dan setelah proses kelahiran.

Itulah informasi mengenai gejala dan tanda awal kehamilan dan cara merawat kehamilan. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel