5 penyabab yang membuat Anda bertambah gemuk


Ada banyak penyebab bagi Anda untuk menambah berat badan dengan cara yang membingungkan, bahkan jika Anda telah menggunakan banyak penurunan berat badan atau pemeliharaan berat badan yang menurut Anda benar.

Apakah Anda sulit untuk menurunkan berat badan meskipun Anda telah melakukan segala cara? penyebab berikut dapat menyebabkan Anda menambah berat badan yang mungkin tidak anda sadari.
Anda melakukan diet bervariasi dengan berbagai macam buah dan sayuran segar. Anda pergi ke gym sepanjang minggu dan Anda benar-benar tidak ngemil di malam hari. Namun, sepertinya Anda tidak bisa mencapai tujuan penurunan berat badan Anda.

5 penyabab yang membuat Anda bertambah gemuk


Menurunkan berat badan merupakan tantangan besar, dan banyak orang masih berpikir bahwa penurunan berat badan hanya terkait dengan penyerapan dan konsumsi kalori. Sebenarnya ada banyak faktor lain yang memengaruhi berat badan Anda. Bagi banyak orang, kenaikan berat badan terus berlanjut meskipun mereka banyak berolahraga dan makan dengan baik. Ini membuat mereka merasa frustrasi karena tidak ada hasil.

Jika Anda terus menambah berat badan tanpa ada cara untuk berhenti, mungkin ada beberapa faktor lain yang berhasil.

5 penyabab yang membuat Anda bertambah gemuk
Berikut adalah 5 penyebab yang membuat Anda tetap bertambah berat badan meskipun Anda telah berusaha keras melakukan penurunan berat badan.

Anda kehilangan keseimbangan hormonal
Di dalam tubuh kita ada beberapa hormon yang mengendalikan rasa lapar dan membuat kita tetap sehat. Ketika hormon-hormon ini kehilangan keseimbangan, itu dapat membuat Anda bertambah berat badan bahkan jika Anda berpikir diet dan latihan rutin Anda sempurna.

Leptin adalah hormon yang memberi tahu Anda saat Anda sudah cukup makan. Ketika hormon ini tidak seimbang, Anda cenderung makan lebih banyak dan menjadi lapar bahkan setelah Anda makan. Ketika mengkonsumsi lebih banyak gula olahan, proses hati berlebih, gula akan berubah menjadi lemak. Semakin banyak gula diubah menjadi lemak, semakin banyak leptin dilepaskan. Terlalu banyak hormon menyebabkan tubuh kehilangan banyak sinyal ke otak, menyebabkan otak tidak tahu kapan Anda benar-benar penuh. Makan berlebihan menyebabkan Anda bertambah gemuk.

Ketidakseimbangan kortisol juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, karena ini adalah hormon yang disekresikan ketika Anda sedang stres. Ketika kadar kortisol Anda meningkat, tubuh Anda meningkatkan konversi gula darah menjadi lemak untuk penyimpanan. Jika Anda ingin mengurangi respons ini, pelajari cara mengendalikan stres.

Obat-obatan yang Anda konsumsi menyebabkan kenaikan berat badan
Mungkin obat yang Anda gunakan untuk tujuan medis menyebabkan penambahan berat badan. Jika berat badan Anda naik tidak peduli apa yang Anda lakukan, obat yang Anda pakai mungkin menjadi penyebabnya. Ada beberapa obat yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati diabetes, tekanan darah tinggi dan depresi dapat membuat Anda kehilangan berat badan lebih banyak.

Kebanyakan inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI) tidak menyebabkan kenaikan berat badan karena mereka meningkatkan kadar serotonin Anda. Ini membantu Anda merasa kenyang lebih cepat saat makan. Namun, ada satu obat dalam kelompok ini yang memiliki efek sebaliknya. Paxil adalah obat anti kecemasan yang hebat, tetapi orang yang meminumnya secara teratur lebih cenderung menambah berat badan. Depakote, obat yang digunakan untuk mengobati gangguan bipolar dan kejang, adalah obat yang telah terbukti menyebabkan kenaikan berat badan, karena mempengaruhi nafsu makan dan metabolisme. Sekitar 30% pengguna Zyprexa, obat antipsikotik, memperoleh lebih dari 7% berat badan mereka dalam waktu 18 bulan penggunaan. Jadi, Anda harus merawat obat-obatan ini.

Kami tidak akan menyarankan Anda untuk berhenti menggunakan obat hanya karena berat badan.Penting untuk dicatat bahwa resep Anda dapat memengaruhi berat badan Anda.

Anda menderita hipotiroidisme
Kita semua tahu bahwa tiroid dapat mempengaruhi berat badan dan jika Anda menemukan bahwa berat badan Anda meningkat seiring bertambahnya usia, itu mungkin karena kelenjar tiroid inferior. Tiroid mengatur metabolisme sistem energi dalam tubuh. Tiroid cukup kecil, di depan leher, tetapi bisa sangat memengaruhi berat badan Anda. Ketika produksi hormon tiroid terlalu rendah, Anda akan bertambah berat.

Hipertiroidisme yang menyebabkan penurunan berat badan mendadak lebih umum daripada hipotiroidisme yang menyebabkan kenaikan berat badan. Hormon tiroid memperlambat metabolisme Anda, sehingga tubuh Anda tidak menggunakan energi secara efisien dan menyimpan lebih banyak energi dalam bentuk lemak. Anda mungkin menemukan bahwa Anda kekurangan energi yang membuat Anda tidak mau atau sulit untuk mempertahankan latihan Anda. Hypothyroidism biasanya mempengaruhi wanita di atas usia 60, jadi jika Anda berpikir Anda memiliki gangguan ini, temui dokter Anda.

Sistem pencernaan Anda bermasalah
Sistem pencernaan yang sehat penting dalam mengurangi peradangan, meningkatkan tingkat energi dan membuat Anda merasa sehat. Bagi orang-orang dengan masalah pencernaan kronis, menambah berat badan bisa menjadi masalah. Kita sering memikirkan masalah pencernaan yang menyebabkan penurunan berat badan karena nutrisi tidak terserap ke dalam tubuh, tetapi dalam beberapa kasus, saluran pencernaan yang tidak sehat dapat menyebabkan berat badan yang serius.

Gastroesophageal reflux disease, atau acid reflux, dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada orang-orang yang berurusan dengan kondisi yang menyakitkan ini dengan makan lebih banyak makanan. Asam surutnya dapat sementara diperbaiki oleh makanan dan air liur, sehingga orang makan lebih banyak ketika mereka memiliki gejala nyeri. Masalahnya adalah makan lebih banyak tidak akan mengurangi gejala dalam jangka panjang, tetapi juga menyebabkan kenaikan berat badan.
Sembelit juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Itu tidak meningkatkan asupan lemak atau kalori Anda, itu membuat Anda merasa rendah energi, mengurangi kegembiraan latihan. Selain itu, sindrom iritasi usus besar sangat umum, menyebabkan kembung dan peradangan juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Anda tidak mengkonsumsi cukup vitamin
Ketika datang ke vitamin dan berat badan, ada dua perspektif: Orang yang kelebihan berat badan kekurangan vitamin karena mereka tidak cukup makan makanan sehat dan mereka yang kekurangan vitamin juga kelebihan berat badan karena vitamin tersebut. Penting untuk menjaga tingkat lemak tubuh Anda tetap rendah. Makan buah dan sayuran penting untuk kesehatan Anda, tidak peduli bagaimana tubuh Anda terstruktur, karena ada semakin banyak bukti bahwa kekurangan vitamin dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Menurut statistik, hingga 40% orang dewasa tidak cukup menyerap vitamin A, C, D, dan E, serta kalsium dan magnesium.

Jika Anda tidak makan sayuran hijau atau ubi jalar untuk sementara waktu, Anda harus memakannya karena ini adalah sumber vitamin A. Vitamin ini baik untuk mengatur sel-sel lemak dan hormon berperan dalam menjaga berat badan yang sehat. Paparan sinar matahari setiap hari untuk menyerap vitamin D, vitamin ini dapat membantu mengontrol hormon lapar leptin dalam tubuh. Selain itu, kekurangan vitamin secara umum dapat membuat Anda merasa lapar dari biasanya dan jatuh ke dalam keadaan lesu, mempengaruhi berat badan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel