8 penyebab tubuh bertambah gemuk


Apakah Anda tahu bahwa tidak memiliki penyebab spesifik untuk kenaikan berat badan dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang mendasarinya?

8 penyebab tubuh bertambah gemuk

8 penyebab tubuh bertambah gemuk
Terkadang, penambahan berat badan masih menjadi misteri bahkan jika Anda menjaga tingkat kalori yang sehat dan berolahraga secara teratur. Jangan membenci, itu bisa menjadi salah satu dari delapan penyebab terkait kesehatan di bawah ini.

1. Hypothyroidism
Hypothyroidism terjadi ketika kelenjar tiroid (kelenjar tiroid di leher) menjadi kurang aktif atau benar-benar lelah (yaitu kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid). Akibatnya, metabolisme dalam tubuh Anda akan menurun, menyebabkan risiko tinggi penambahan berat badan tanpa penyebab yang jelas. Namun, gejala yang terkait dengan hipotiroidisme, termasuk kelelahan, depresi, dan pilek, dapat membuat Anda berpikir bahwa sesuatu yang tidak biasa sedang terjadi dalam tubuh Anda.

2. Sindrom ovarium polikistik
Sindrom ovarium polikistik muncul pada wanita usia reproduksi dengan membentuk folikel kecil di ovarium. Ketidakseimbangan hormon oleh sindrom ini sering menyebabkan Anda bertambah berat badan, terutama di sekitar perut, yang menyebabkan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Jika kenaikan berat badan yang tidak dijelaskan tidak membuat Anda merasa tidak nyaman, masalah seperti jerawat atau pertumbuhan rambut yang berlebihan mungkin menarik bagi Anda.

3. Antidepresan
Orang-orang kewalahan dengan potensi efek samping dari penggunaan antidepresan. Penambahan berat badan adalah salah satunya, terutama ketika menyangkut suasana hati dan selera. Jika gejala depresi lebih buruk atau tidak diobati, Anda mungkin bertambah berat karena tubuh Anda mengalami stres.

4. Obat-obatan lainnya
Banyak obat yang diresepkan dapat menyebabkan Anda bertambah berat badan karena alasan yang tidak diketahui. Misalnya, steroid (seperti prednison) sering menyebabkan retensi cairan di area seperti wajah atau perut. Obat-obatan untuk migrain, diabetes, kejang dan skizofrenia (seperti antipsikotik) juga dapat membuat Anda menambah berat badan atau memperbaiki suasana hati dan meningkatkan nafsu makan Anda di awal. proses perawatan.

5. Kurang tidur
Ketika tubuh kurang tidur akan mencari sumber energi alternatif. Dan sumber energi itu biasanya ditemukan dalam makanan ringan dan camilan larut malam. Selain itu, tidur diperlukan untuk menjaga keseimbangan biokimia yang sehat dalam tubuh. Jadi, jika Anda kurang tidur, Anda akan sering mengidamkan pati, makanan berlemak dan manisan.

6. Cushing's Syndrome
Kortisol (hormon "berkelahi" stres dan hormon "sublimasi") disekresikan selama stres atau cedera. Pasien dengan sindrom Cushing menghentikan kadar kortisol secara terus menerus atau mengambil obat kortikosteroid ketika merawat kondisi seperti arthritis atau SLE. Paparan tingkat tinggi kortisol dalam jangka waktu lama menyebabkan gangguan lain, kortisol (Sindrom Cushing). Kondisi ini dapat menyebabkan Anda bertambah gemuk, terutama di sekitar wajah, leher, pinggul dan menyebabkan jaringan lemak di antara bahu.

Selain itu, sindrom Cushing memiliki gejala lain seperti garis-garis kulit kemerahan, tulang rapuh, patah getas, dan tekanan darah tinggi.

7. Rokok
Anda mungkin pernah melihat teman-teman atau anggota keluarga mencoba untuk mempertahankan gaya hidup sehat dan mendapatkan beberapa kilogram. Demikian pula, berhenti merokok dapat menyebabkan Anda menambah berat badan (sekitar 2-4 kg). Disebabkan oleh kurangnya nikotin sampai tubuh sepenuhnya meninggalkan kebiasaan ini. Anda mungkin akan meningkatkan nafsu makan dan metabolisme serta nafsu makan Anda. Namun, kondisi ini hanya sementara dan berat badan akan menyesuaikan diri dalam beberapa minggu.

8. Stres
Sekali lagi, kortisol (hormon stres) bertanggung jawab atas kenaikan berat badan Anda, karena meningkatkan nafsu makan, menyebabkan Anda makan lebih banyak. Akui bahwa ketika Anda merasa stres atau tidak terkendali, makan sering kali membuat Anda tetap stabil secara mental.

Jika Anda tergila-gila dengan berat badan yang terus meningkat meskipun gaya hidup sehat Anda, periksa untuk melihat apakah Anda mengalami semua ini. Memahami penyebabnya akan membantu Anda mengendalikan berat badan dengan lebih baik dan memiliki fisik yang sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel