11 Jenis Sayuran dan Buah Untuk Diet Sehat Alami


Sayuran dan buah untuk diet sehat | salah satu proses penurunan berat badan yang efektif bisa anda lakukan dengan cara mengonsumsi buah-buahan dan sayur sebagai menu diet. Hal ini karena sayur dan buah kaya akan kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, dan mempunyai kalori yang rendah, jadi sangat bagus sekali untuk menu diet sehat. Bahkan beberapa jenis buah-buahan yang memiliki kadar kalori tinggi sekalipun seperti alpukat dan pisang bisa juga anda masukan kedalam daftar menu diet, asalkan dikonsumsi secara  benar, yaitu hanya dikonsumsi saat sarapan  pagi saja.

Jenis Sayuran dan Buah Untuk Diet Sehat Alami


Sayuran dan buah memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah, sistem pencernaan, meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah sakit, sebagai detoksifikasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena banyaknya manfaat yang terdapat pada sayuran dan buah inilah, Anda bisa sukses dalam menurunkan berat badan secara sehat dan aman.

Daftar Sayur dan Buah untuk Diet

Prinsip dasar dalam menjalani diet yaitu menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi kalori dibawah kebutuhan kalori harian. Semua jenis buah dan sayuran pada dasarnya bagus dikonsumsi untuk diet, termasuk yang mempunyai kalori tinggi seperti yang sudah dijelaskan di atas, namun disini kita akan mengulas yang kalorinya rendah saja, karena buah dan sayur jenis ini lebih gampang dikonsumsi kapan saja.

1. Jeruk Lemon
Jeruk lemon kita kenal kaya akan manfaat, yang salah satunya adalah untuk diet. Buah ini berkhasiat untuk mendetoksifikasi dan juga melancarkan sirkulasi darah. disamping itu jeruk lemon juga mampu membersihkan kolesterol jahat didalam tubuh serta melancarkan sistem pencernaan tubuh, sehingga bisa menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Mengkonsumsi jeruk lemon juga dapat mengurangi rasa lapar, sehingga menjadikan porsi makanan Anda selama diet akan terjaga. Buah yang baik untuk diet ini dapat anda konsumsi dengan cara diolah menjadi jus jeruk (tanpa gula) atau dibuat sebagai infused water.

2. Buah Pear
Sayuran dan buah untuk diet sehat selanjutnya yaitu pear, buah ini mempunyai banyak kesamaan dengan apel dari segi khasiatnya untuk diet, pear tinggi akan kandungan serat yang kadarnya lebih banyak dibandingkan jenis buah lainnya. Seperti yang sudah kita ketahui bila serat memiliki fungsi untuk membuat perut merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar.

3. Bayam
Sayuran untuk diet terbaik selanjutnya yaitu bayam. Bayam tinggi akan kandungan serat dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Selama ini serat dikenal berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan, yang pastinya berguna untuk diet, tetapi selain itu serat juga mempunyai manfaat luar biasa dalam menurunkan berat badan, yaitu dapat mengurangi penumpukan air didalam tubuh. menumpuknya air didalam tubuh merupakan salah satu pemicu naiknya berat badan, seperti yang dijelaskan dalam diet mayo.
4. Buah Berry
Yang masuk dalam golongan buah berry yaitu blueberry, strawberry, dan blackberry. Buah berry merupakan buah yang sangat baik untuk diet, sama seperti jeruk lemon. disamping itu, buah ini juga kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas anti kanker. Tambahan lainnya, buah ini juga mempunyai kandungan hormon Adinopectin, dan Leptin yang bermanfaat untuk memecah kolesterol dan mengatur rasa kenyang di tubuh sehingga tidak mudah lapar.

5. Brokoli
Selain populer sebagai sayuran penangkal kanker, brokoli juga sangat baik untuk menu diet. Hal ini karena didalam brokoli terkandung 40% protein dan 60% karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Karbohidrat kompleks beda dengan karbohidrat biasa, karena bisa membantu menurunkan berat badan, dan juga bagus untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, serat yang terkandung didalam brokoli dapat membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

6. Apel
Apel merupakkan salah satu buah yang dikenal sangat sangat bagus untuk menu diet sehat alami. Pendapat tersebut memang benar adanya karena apel mempunyai banyak hal yang diperlukan oleh tubuh dalam proses menurunkan berat badan. Buah apel memiliki kalori yang rendah, yaitu sekitar 100 kalori untuk satu buah apel. Selain itu, tingginya kandungan serat pada buah apel bisa membuat Anda merasakan kenyang lebih lama, sehingga tak akan tertarik lagi dengan cemilan. Variasi nutrisi pada buah apel juga bisa menjaga tubuh senantiasa sehat selama menjalani program diet.

7. Bunga Kol
Sayuran untuk diet sehat selanjutnya yaitu bunga kol. Bila kita mengenal jeruk sebagai buah yang tinggi akan kandungan vitamin C, maka sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin C adalah bunga kol. Vitamin C sangat dibutuhkan untuk membantu pembakaran lemak ketika kita sedang berolahraga atau beraktifitas. Walaupun Vitamin C tidak bisa melakukan pembakaran lemak dengan sendirinya, tetapi tanpa vitamin C pembakaran lemak juga tidak akan bisa optimal.

  
8. Pepaya
Buah pepaya banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Buah yang berteksture lembut dan manis ini memiliki kandungan serat yang tinggi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan gula yang sedikit sehingga aman dari asupan kalori ke tubuh.

9. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan yang dimaksud di sini yaitu kacang kedelai dan kacang hitam. Perlu anda ketahui bila jenis kacang-kacangan ini merupakan sumber protein nabati, yang tidak mengandung lemak jenuh seperti protein dari daging. Walaupun saat diet Anda akan mengurangi asupan kalori, namun asupan protein tetap sangat diperlukan. Selain itu, kacang-kacangan juga tinggi akan kandungan serat, yang bermanfaat untuk membuat perut anda dapat merasakan kenyang lebih lama.

10. Nanas
Buah nanas bermanfaat untuk mengontrol kadar lemak didalam tubuh, selain itu, buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol dan lemak sehingga sangat baik untuk diet sehat. Didalam satu butir buah nanas terkandung 85% air sehingga tidak akan ada suplai kalori kedalam tubuh. Selain kandungan air yang tinggi, buah nanas juga kaya akan vitamin, serat, mineral dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Dengan mengonsumsi buah nanas anda juga akan merasakan kenyang yang lebih lama dan tidak mudah lapar.

11. Sayuran Hijau
Selain beberapa macam jenis sayuran dan buah untuk diet sehat yang sudah dijelaskan di atas, anda juga dapat mengkonsumsi sayuran hijau sebagai alternatif lain menu diet sehat. Jenis sayuran hijau secara umum tinggi akan kandungan serat, dan air. Anda tak perlu khawatir berat badan akan meningkat karena asupan air dari sayuran hijau, karena yang bisa menaikkan berat badan yaitu air yang menumpuk didalam tubuh. Contoh sayuran yang memiliki kadar air yang tinggi yaitu terong, mentimun, dan labu. Selain itu, bawang putih dan bawang merah juga cukup bagus dijadikan menu diet, karena memiliki kandungan sulfide yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam mengkonsumsi buah dan sayuran untuk diet gunakanlah yang masih segar, bukan yang sudah kering, karena buah dan sayur yang sudah kering sangat tinggi akan kandungan kalori hingga 9 x lipat. Aturlah kombinasi dari buah dan sayuran yang Anda konsumsi supaya tidak menjadi bosan dan bisa melaksanakan progam diet sampai akhir. Jika anda merasa lapar konsumsilah buah-buahan di atas untuk menahannya. disamping itu, beberapa macam sayuran yang baik untuk diet cepat dan sehat di atas bisa juga dikonsumsi dengan cara infused water.

Demikianlah artikel singkat pada kesempatan ini tentang sayuran dan buah untuk diet sehat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kombinasikanlah program diet Anda dengan olahraga yang teratur. Semoga bisa berguna dan menambah wawasan untuk kita semua. Terima kasih .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel