Rahasia menurunkan berat badan dengan aman


Cara yang aman dan efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan memasukkan faktor-faktor seperti pengurangan asupan kalori, peningkatan olahraga, ketekunan dalam diet dan pelatihan fisik jangka panjang.

Rahasia menurunkan berat badan dengan aman


Siapa yang harus menurunkan berat badan?
Salah satu ukuran yang paling banyak digunakan adalah indeks massa tubuh (BMI) - indeks massa lemak tubuh berdasarkan rasio tinggi dan berat badan. Misalnya, Anda 1,7 meter dan berat 78 kilogram, BMI adalah 27. Jika BMI Anda berada di kisaran 18,5-24,9 (indeks massa tubuh normal), Anda akan memiliki risiko lebih kecil. penyakit otot. Anda lebih mungkin untuk mengembangkan BMI ketika BMI tubuh Anda antara 25 dan 29,9 (kelebihan berat badan), dan BMI 30 atau lebih dianggap obesitas. Beberapa orang mungkin memiliki BMI tinggi karena massa tubuh yang tinggi, bukan obesitas.

Namun, jika BMI Anda adalah obesitas, dan Anda melihat bahwa lemak tubuh Anda jauh lebih besar daripada otot, maka inilah waktunya untuk mempertimbangkan penurunan berat badan.

Berapa berat badan harus dikurangi?
Orang gemuk harus kehilangan 3-5% dari berat badan mereka, yang akan membantu meningkatkan kesehatan mereka. Tidak hanya itu, penurunan berat badan juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, jadi Anda harus menargetkan pengurangan berat badan 3-5% dalam waktu 6 bulan.

Untuk mencapai tujuan ini, para ahli menyarankan Anda mengurangi berat badan Anda dari 0,23 hingga 0,9 kg per minggu. Itu adalah penurunan 250 hingga 1.000 kalori dalam diet harian Anda. (Jika Anda memangkas 500 kalori setiap hari, Anda akan kehilangan sekitar 0,5 kg per minggu). Perempuan harus mengkonsumsi sekitar 1200-1,500 kalori per hari. Untuk pria, jumlah ini sekitar 1.500 - 1.800 kalori.

Namun, jumlah kalori yang harus Anda konsumsi dapat bervariasi tergantung pada berat badan dan tingkat aktivitas Anda. Untuk menghitung kalori yang dibutuhkan untuk tubuh, Anda dapat menggunakan beberapa alat kalkulator online. Anda hanya perlu memasukkan data berat badan, tinggi dan aktivitas harian Anda, yang akan memberi Anda kalori yang Anda butuhkan untuk tetap aktif dan kalori yang Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan. Anda akan kehilangan banyak berat saat Anda memotong banyak kalori. Namun, memotong terlalu banyak kalori dapat membahayakan kesehatan Anda.

Apakah diet terbaik atau tidak untuk menurunkan berat badan?
Makan lebih banyak buah, sayuran, dan serat. Bahkan jika Anda memotong kalori, itu tidak berarti Anda harus makan lebih sedikit. Makanan kaya serat membutuhkan waktu lama untuk dicerna, mengisi Anda dan menurunkan berat badan. Anda dapat dengan mudah menyerap serat dari kacang (lentil, kacang polong), sayuran, buah-buahan (stroberi, buah beri seperti jeruk, jeruk), biji-bijian utuh.

Anda juga harus mengubah beberapa kebiasaan makan untuk menurunkan berat badan. Misalnya, ganti saja camilan dengan buah dan sayuran, atau lewatkan camilan malam, yang akan membantu Anda menurunkan berat badan.

Anda tidak boleh melewatkan sarapan, karena potongan ini akan membuat Anda makan lebih banyak di penghujung hari.

Selain itu, Anda tidak boleh minum alkohol, karena mengandung lebih banyak kalori "kosong", jenis kalori ini tidak memberikan nutrisi bagi tubuh. Konsekuensinya, membatasi alkohol dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan?
Tidur lebih banyak bisa menjadi saran yang dinikmati para pelaku diet. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur meningkatkan risiko obesitas. Tidur kurang dari 7 jam semalam dapat mengurangi jumlah hormon leptin, hormon yang membuat Anda merasa kenyang. Ini akan membuat Anda merasa lapar. Selain itu, mereka yang kurang tidur akan memiliki lebih banyak waktu untuk makan.

Bagaimana menjaga berat badan setelah menurunkan berat badan?
Seringkali, menjaga berat badan stabil lebih mudah daripada menurunkan berat badan. Anda harus mengambil bagian dalam program pemeliharaan berat badan - ini harus dilakukan sebulan sekali, dipertahankan selama satu tahun atau lebih.

Untuk menjaga buah dari upaya penurunan berat badan Anda, Anda perlu menimbang dua kali seminggu, terus makan makanan rendah kalori, dan berolahraga setidaknya 200 menit seminggu.

Secara umum, untuk menjaga berat badan yang sehat setelah penurunan berat badan, Anda harus mengikuti hal-hal berikut: menjaga pola makan Anda tetap sehat, tetap berolahraga dan memantau berat badan Anda untuk melihat kapan hal-hal perlu dilakukan. sesuaikan pola makan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel