Rahasia untuk menjaga berat badan tetap stabil


Tidak sulit untuk mempertahankan berat badan yang stabil jika Anda tahu bagaimana menyeimbangkan faktor-faktor tersebut. Berikut adalah tips yang dapat membantu Anda.

Rahasia untuk menjaga berat badan tetap stabil


Seiring bertambahnya usia, metabolisme Anda melambat. Jika Anda tidak memperhatikan, berat badan Anda mungkin perlahan meningkat. Menurunkan berat badan tidak sesederhana memotong kalori atau berolahraga. Ini adalah masalah holistik dalam menciptakan gaya hidup sehat. Tidak ada solusi cepat untuk menghindari pertambahan berat badan dalam jangka panjang, tetapi dengan perubahan gaya hidup harian Anda, Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat.

Rahasia untuk menjaga berat badan tetap stabil
  1. Kontrol Makanan Anda


Lacak berat badan dan asupan kalori Anda
Untuk memulai, perhatikan berat badan dan kebiasaan makan harian Anda. Ini akan membantu Anda mengatur status saat ini dan memperkirakan perubahan yang diperlukan.
  • Mulai menyeimbangkan sekali sehari. Catat berat badan Anda, makanan dan waktu hari;
  • Perkirakan jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap hari;
  • Perhatikan bahan dalam makanan berdasarkan volume daripada kuantitas.

Makan lebih sehat
Perasaan lapar bisa disebabkan oleh makanan yang Anda makan. Protein dan karbohidrat kompleks cenderung lebih panjang daripada gula sederhana. Memperbaiki pola makan akan membantu Anda makan lebih sedikit. Ini dapat membantu Anda mencegah penambahan berat badan yang tidak diinginkan.
  • Kelompok makanan utama meliputi buah-buahan, sayuran, gandum utuh, susu rendah lemak dan protein tanpa lemak;
  • Protein tidak berminyak untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Protein tidak mengandung lemak seperti kacang, kacang-kacangan, biji-bijian, unggas dan ikan.

Kurangi Gula
Gula biasanya ditambahkan ke makanan dan permen, dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Makanan semacam itu juga sering kurang bergizi, menghasilkan rasa lapar setelah makan. The American Heart Association merekomendasikan menggunakan kurang dari 9 sendok teh gula per hari untuk pria dan 6 sendok teh untuk wanita.

Makan lebih banyak karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks, termasuk gandum utuh dan serat, membuat Anda kenyang lebih cepat daripada karbohidrat sederhana. Anda harus makan gandum utuh atau roti gandum utuh, pasta dan nasi putih polos dan jangan makan nasi putih, roti karena mereka akan membuat Anda cepat lapar.

Tetapkan disiplin dengan diri Anda sendiri
Tidak ada yang salah dengan memanjakan diri sendiri. Bahkan, katering sesekali dapat membantu Anda tetap dengan diet yang lebih sehat. Namun, Anda harus tahu disiplin diri, tidak boleh makan lebih banyak untuk menghindari bertambahnya berat badan.
  • Anda dapat berbagi makan malam dengan keluarga atau kerabat Anda;
  • Anda bisa makan hidangan yang Anda suka tetapi dalam jumlah kecil;

·         Mungkin biarkan diri Anda makan sesuatu yang Anda sukai dalam satu hari dalam seminggu.

Biasakan makan tepat waktu
Meskipun tampaknya menjadi masalah kecil, makan di waktu lain dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Misalnya, jika Anda melewatkan sarapan, Anda dapat makan terlalu banyak saat makan siang. Jangan makan di depan TV karena Anda mungkin akhirnya makan. Cobalah makan tiga kali sehari pada saat yang bersamaan. Ini bisa meningkatkan berat badan Anda.

Buat perubahan kecil
Terkadang, penyesuaian kecil dalam kebiasaan makan dapat mengurangi jumlah kalori. Cobalah menggabungkan beberapa perubahan kecil dalam diet Anda dan perhatikan bahwa Anda akan melihat perbedaan besar.
  • Gunakan salad dressing bukan mayones;
  • Gunakan saus pasta dari tanaman, bukan saus krim;
  • Hindari minum jus buah. Jika Anda mendambakan jus buah, minum murni, jangan tambahkan gula;
  • Gunakan produk susu rendah lemak atau non-lemak daripada produk susu murni;

Minum banyak air
Gunakan makanan rendah kalori atau bebas kalori daripada makanan yang mengandung gula atau kalori tinggi.

2. Berolahraga secara teratur

Lacak rutinitas olahraga Anda
Jika Anda ingin berlatih kebiasaan kerja keras, awasi kegiatan sehari-hari Anda. Buat catatan tentang jenis latihan dan waktu yang dihabiskan berlatih. Ini membantu Anda menghitung kapasitas latihan Anda untuk mempertahankan berat badan Anda.

Anda tidak boleh memasukkan aktivitas harian seperti berjalan ke perusahaan, atau menaiki tangga, kecuali Anda membutuhkan waktu lebih dari 20 menit sehari untuk melakukannya;

Tidak ada berat badan setelah berolahraga
Berat badan bisa lebih rendah karena olahraga, tetapi tidak secara akurat mencerminkan berat badan Anda yang sebenarnya.

Hitung kebutuhan kalori Anda
Dari berat dan tinggi, Anda dapat memperkirakan kebutuhan kalori harian Anda bersama dengan penyesuaian untuk jenis kelamin, usia dan gaya hidup. Anda dapat mencari online atau bertanya kepada dokter berapa banyak kalori yang Anda butuhkan. Dibandingkan dengan jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap hari, kelebihan menunjukkan bahwa Anda perlu berolahraga.

Membuat kebiasaan olahraga menjadi bagian dari hidup Anda
Olahraga harus seperti menyikat setiap pagi. Ini cukup sulit pada awalnya tetapi manfaatnya sangat besar.

Mulailah dengan aktivitas kebugaran yang Anda sukai, yang akan membantu Anda memperluas gairah tanpa merasa tertekan dan ditinggalkan;

Anda tidak perlu berolahraga 60 hingga 90 menit terus meneru
Bahkan, keluarga sibuk, bekerja, masyarakat melakukan hal ini tidak mungkin. Anda dapat membagi aktivitas fisik ini sepanjang hari, yang juga menghasilkan hasil yang sama. Berjalan ke perusahaan 20 menit, masuki gym 30 menit dan berjalan dengan anjing 20 menit di malam hari sebagai contoh;

Anda harus bertanya kepada dokter Anda sebelum memulai, apakah Anda memiliki kondisi medis. Dokter akan membantu Anda berkenalan dengan intensitas secara bertahap dan tidak menyerah.

Dikombinasikan dengan latihan kekuatan
Otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Anda dapat menggabungkan latihan aerobik untuk meningkatkan detak jantung dan latihan pembentukan otot.

Jika Anda tidak pergi ke gym, Anda dapat melakukan beberapa latihan sederhana di rumah atau Anda dapat membeli lebih banyak peralatan untuk membantu meningkatkan kinerja Anda;

Anda harus berbicara dengan dokter atau ahli kebugaran tentang kondisi Anda. Mereka akan membantu Anda menghindari ketegangan atau cedera awal.

3. Perubahan gaya hidup
Kontrol tekanan
Stres sebenarnya bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Orang yang tertekan cenderung makan lebih banyak dan menemukan lebih banyak makanan berkalori daripada makanan sehat. Mengontrol tingkat stres dapat membantu Anda mencegah penambahan berat badan.

Tanda-tanda peringatan stres termasuk banyak gejala kecemasan, ketegangan otot dan ketidaknyamanan. Ketika Anda memiliki tanda-tanda peringatan, perhatikan apa yang Anda makan. Apakah Anda benar-benar lapar atau apakah Anda makan karena suasana hati Anda? Apakah Anda makan makanan sehat atau hanya pergi ke makanan berkualitas rendah untuk melawan kecemasan?

Yoga, meditasi, relaksasi, pijat, dan pernapasan dalam adalah metode yang bagus untuk melawan stres. Cobalah memasukkan beberapa metode ke dalam kehidupan sehari-hari Anda dan lihat peningkatan;

Atur pekerjaan Anda untuk cukup tidur
Tidur nyenyak atau tidur dapat menyebabkan stres berat. Cobalah untuk tidur tepat waktu dan tidur sekitar 8 jam semalam;

Tidak semua orang dapat mengendalikan stres secara efektif. Temui psikiater, konsultan untuk membicarakan masalah Anda, jangan biarkan stres berakhir, mereka dapat menyebabkan gangguan mental, memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Latih kebiasaan makan Anda yang disengaja
Terkadang, cara Anda makan dapat menyebabkan terlalu banyak kesenangan. Kebiasaan makan dapat membantu Anda mengontrol asupan makanan, sehingga mengendalikan berat badan Anda.

Biarkan pikiran Anda sepenuhnya menuju makanan yang Anda makan. Jangan menonton televisi, tidak bekerja, fokus sepenuhnya pada makanan dan perasaan yang dibawanya;

Periksa perasaan Anda saat Anda makan. Sadarilah saat ketika Anda merasa "kenyang" dan "terlalu kenyang". Ini membantu Anda mengontrol berapa banyak makanan yang tepat untuk Anda;

Kunyah dengan keras, lambat. Rasakan setiap rasa makanan sepenuhnya.

Batasi asupan alkohol
Alkohol adalah penyebab utama kenaikan berat badan yang tidak diinginkan bagi banyak orang. Minuman beralkohol tinggi kalori dan ketika mabuk, mereka sering menambah nafsu makan. Jadi minumlah secukupnya.

Pelajari cara minum secukupnya
Untuk wanita dan pria yang berusia di atas 65 tahun, mengonsumsi dosis sedang berarti tidak minum lebih dari satu gelas sehari. Untuk pria di bawah 65, jangan minum lebih dari dua gelas sehari. Sebuah gelas biasanya sama dengan 350ml bir, 150 ml anggur, atau 45 ml roh;

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin merasa sulit untuk menolak alkohol, jadi hindari situasi yang tidak perlu, atau jika Anda dipaksa untuk melakukannya, pegang minuman non-alkohol di tangan Anda untuk menghindari godaan!

Jika Anda pergi keluar, pergi ke bar bersama teman-teman, Anda harus makan makanan bergizi sebelumnya. Ini membantu Anda minum lebih sedikit alkohol dan dapat mencegah nafsu makan setelah minum.

Mencari bantuan dari orang lain
Menghindari penambahan berat badan memang cukup sulit. Banyak orang mencoba menjaga kebiasaan makan dan olahraga yang baik. Carilah dukungan dari orang lain jika Anda mencoba mempertahankan berat badan yang sehat.

Bicaralah dengan teman dan anggota keluarga Anda tentang perubahan yang Anda lakukan, mereka dapat melakukan sesuatu untuk membantu Anda. Mereka tidak akan membuat banyak gula untuk Anda, atau tidak berencana untuk makan di akhir pekan ...;

Berkenalan dengan orang-orang yang juga kehilangan berat badan, yang di gym, mereka akan berbagi pengalaman atau cermin untuk Anda perjuangkan;
Bergabung dengan kelompok pendukung atau forum online untuk bertukar pengalaman adalah ide yang bagus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel